Artikel Terbaru

Fungsi main () Dalam Pemrograman C++




Oke teman-teman Kembali dengan saya Akhyar akan menuliskan sebuah artikel tentang Fungsi main Dalam pemrograman C++.Lanjutan artikel yang kemarin yaitu pengenalan C++.
 Bahasa  Pemgrograman C++  adalah  bahasa  yang amat berbeda.Untuk Compiler C++ berbasis DOS (Disk Operating system),akan memerlukan beberapa kata kunci(Keywords); ,Keyword sendiri tidak cukup untuk difungsikan sebagai input (Masukan)dan output (keluaran).Walau hampir semua fungsi dalam file library tampaknya biasa Diakses oleh header filenya.Sebuah program C++ minimal mengandung sebuah fungsi yaitu main().Fungsi ini menjadi awal dan akhir eksekusi program C++.
Contoh :
#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
cout<<"selamat datang di C++";
}
atau
#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
cout<<"selamat datang di C++";

return 0;

}
Keterangan :

  • #include <iostream> adalah sebuah prosesor pengarah yang mengatakan kepada compiler untuk meletakan kode dari header file iostream keadalam program.Dengan menyertakan header file,anda dapat mengakses banyak  fungsi .Dalam contoh diatas ,fungsi cout memerlukan file iostream.h
  • Main adalah nama judul fungsi
  • Tanda () digunakan untuk mengapit argumen fungsi yaitu nilai yang akan dilewatkan oleh fungsi.Baris ini mengatakan kepada compiler bahwa ada sebuah fungsi bernama main,yang mana fungsi itu mengembalikan sebuah integer,sehingga diberi tanda int.
  • Tanda { pada fungsi main() menyatakan awal eksekusi program .Adapun } pada fungsi main () menyatakan awal eksekusi program.
  • Pemakaian fungsi cout dipakai untuk menampilkan text dilayar monitor komputer anda.
  • Memakai tanda atau symbol <<,yang diketahui sebagai operator pemasukan (insertion operators)tanda tersebut mengatakan   compiler agar segera menghasilkan keluaran sesuai dengan input anda.
  • "selamat datang di C++"; adalah sebuah pernyataan harus diakhiri dengan tanda koma.
  • return 0; adalah akhir dari program kembali jadi 0.
 Ketika menjalankan sebuah program,koding maka compiler itu akan membaca program itu dari atas sampai kebawah,jika terjadi kesalahan makan disitu akan ada blog kesalahan dalam program/koding dan harus kita benarkan agar program berjalan hingga selesai.
Demikian tulisan artikel saya semoga bermanfaat.Tunggu artikel selanjutnya ya.

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel