Cara Mudah Upload Wordpress Dari Localhost Ke Hosting


Cara Mudah Upload Wordpress Dari Localhost Ke Hosting - Kali ini saya akan membahas bagaimana mudah upload wordpress dari localhost ke hosting , bagi kalian yang belum bisa ini tutorial yang pass untuk anda. Jika kalian sudah mempunyai file wordpress dari localhost dan masih bingung cara uploadnya ini panduan selengkapnya.

 Upload wordpress dari localhost ke hosting 


Baca : 3 Tips Memilih Nama Domain Untuk Bisnis Anda

Langkah pertama yang anda harus lakukan :


  • Membuat database terlebihdahulu melalui cpanel hosting anda melalui cpanel hosting menu mysql database 
  • Jika sudah anda harus sudah mempunyai backup database dari localhost atau komputer lokal , Jika anda belum mengetahui cara backup database dari lokal bisa langsung mengakses ( http://localhost/phpmyadmin ) anda bisa memilih database yang ingin diupload dari menu database, Setelah database di pilih maka akan muncul tabel tabel anda bisa cek list semuanya tabel tersebut. Lalu anda bisa klik tombol "Export " 
  • backup database sudah ada anda tinggal upload atau import ke phpmyadmin pada cpanel hosting anda , masuk cpanel => menu phpmyadmin , Disini anda bisa masuk ke database yang anda buat sebelumnya lalu bisa klik "Import " dan browse file backup database selanjutnya anda bisa klik " Go " untuk memulai import (lihat pada gambar) 


  • Selanjutnya upload file , Disini anda bisa menggunakan aplikasi filezilla untuk mempercepat proses upload dan untuk menghindari terjadinya kegagalan saat anda upload. Jika anda ingin menjadikan wordpress anda bisa diakses menggunakan namadomain.com pastikan anda upload di dalam pubilc_html , Jika sudah terupoad anda bisa extract file tersebut.  
  • langkah berikutnya konfigurasi database pada file wp-config.php , Jika anda langsung mengakses domain anda pastinya nantinya akan mendapatkan pesan error dikarenakan anda belum konfirgurasi database atau mengkoneksikan database anda. Untuk cara mengkoneksikan database anda bisa ke cpanel hosting => file manager => public_html => wp-config.php anda bisa edit , anda bisa isikan sesuai database anda.


/* MySQL settings */
define( 'DB_NAME',     'database_name_here' );
define( 'DB_USER',     'username_here' );
define( 'DB_PASSWORD', 'password_here' );
define( 'DB_HOST',     'localhost' );
define( 'DB_CHARSET',  'utf8mb4' );


/* MySQL database table prefix. */
$table_prefix = 'wp_';
Setelah selesai bisa klik save 

  • Langkah terakhir ini mengubah siteurl pada mysql databasenya dimana otomatis urlnya masih menggunakan localhost, maka anda harus menggubahnya menggunakan nama domain anda supaya nantinya domain anda bisa diakses dengan url domain anda sendiri bukan dari url localhost.  caranya anda bisa ke phpmyadmin => klik pada nama database => wp-options , ganti saja urlsite menjadi nama domain anda . Contoh seperti gambar 





Jika anda sudah mengganti urlsite tersebut otomatis domain anda bisa diakses di browser :) selamat mencoba